Skip to main content

IT merupakan sebuah investasi

Salam Hangat Sahabat...

Sebuah investasi dalam bidang IT meliputi dari pembangunan sarana pra sarana IT, pengembangan sistem yang terkomputerisasi, keamanan IT, dan lain sebagainya. Oleh karenanya terkadang saya sering sekali bingung dalam menentukan biaya yang harus dikeluarkan oleh klien jika ingin membuat web/software. Karena memang saya tidak menjual web/software, tapi saya “menjual” waktu, tenaga, dan ilmu saya untuk mengembangkan web/software sesuai permintaan klien.

Sebagai contoh, ada permintaan pembuatan web dari seorang klien. Ingin dibuat web toko online dengan fitur-fitur yang lengkap. Berhubung klien ini mengikuti perkembangan teknologi, si klien ini tau macam-macam web CMS yang bisa di download gratis (open source), ketika saya coba memberikan penawaran, si klien ini bilang kenapa mahal banget?, kan banyak tuh web-web yang bisa di digunakan gratis. Ya memang gratis tapi bukan berarti jasa saya mulai dari waktu, tenaga, dan ilmu yang saya gunakan untuk membuatnya juga ikutan gratis dan bisa dibayar murah atau malah seikhlasnya, saya jugakan manusia butuh makan buat isi tenaga, butuh tidur, punya keluarga juga dan semuanya saya investasikan untuk membuat web si klien. Lantas si klien menjawab kembali, “ya tapikan gak harus segitu juga pak?, masa sih cuma membuat web seperti itu harus bayar segitu?, apalagi webnya sudah ada bisa didownload gratis”. Pusing dah kalau sudah seperti ini, bukannya saya tidak mau memberi biaya murah, tapi balik lagi ini bukan jual beli barang, di sini saya mencoba untuk menyisihkan waktu, tenaga, dan ilmu saya untuk membuat web yang diminta.

Oleh karenanya, IT merupakan sebuah investasi besar bagi pelaku bisnis. Di satu sisi dengan bantuan sarana IT yang bagus akan memberikan dampak positif bagi bisnis klien, di satu sisi lagi banyak yang harus dikorbankan untuk membuat sarana IT (software atau web) yang sesuai dengan keinginan, karena para pekerja IT akan menginvestasikan waktu, tenaga, dan ilmu yang dimiliki untuk mengerjakan pesanan klien. Jadi sudah sewajarnya juga jika pekerja IT selalu meminta bayaran mahal walau pun menggunakan aplikasi/software open source  yang bisa di download dan digunakan gratis serta bebas, tapi tidak untuk Waktu, Tenaga, dan Ilmu yang disumbangkan. Jika memang mau yang murah, kenapa si klien tidak membuat sendiri saja, kan sudah ada yang gratis dan bisa di download serta digunakan secara bebas.

Konsultan IT http://binhasan.co.id/

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cartoon Anak Muslim cdr

Salam Kopi Sahabat... Dalam beberapa bulan ini saya di sibukkan dengan pekerjan mendesain mulai dari cober tabloid, kalender 2015 dan yang terahir adalah desain spanduk untuk RA/TK. Kalo untuk desain cover tabloid ga masalah karena banyak rujukan untuk inspirasi saya mendesain. Tetapi, untuk desain spanduk dan baliho RA/TK ini yang sulit. Karena, yang minta ingin ada gambar cartoonnya :).

Form Pendaftaran Online

Assalamu'alaikum, Wr. Wb Bismillahirrohmanirrohim. Apa kabar semua...? mudah-mudahan kita menjadi orang yang semakin kratif. Karena, kemarin saat berbincang-bincang ringan dengan teman membicarakan masalah harta. Yang lebih banyak dan mudah mendapatkan harta atau kekayaan adalah orang-orang yang penuh inspiratif dan kreatif. Tentunya, kita mendapatkan kreatif itu dengan ilmu. Jadi, jangan pernah bosan untuk belajar dan menggali sesuatu yang baru kita pahami sedikit. Sebagai mana Rasul (Nabi Muhammad SAW) bersabda : "Belajarlah dari tiang ayunan sampai ke liang lahat". Wah jadi banyak ceramahnya. Maaf ya bukan maksud untuk menggurui. Ok, langsung saya jabarkan tentang apa yang akan kita pelajari bersama pada kesempatan kali ini. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat form pendaftaran member atau anggota seperti website-website interaktif yang banyak kita kenal. Untuk membuat form pendaftaran ini kita membuat table databasenya terlebih dahulu silahkan lih

Variable dalam Java Script

Assalaamua'laikum, Wr, Wb Bismillahirrohmaanirrohiim... Kita bisa menganalogikan Variable dengan sebuah kaset CD atau DVD  yang mempunyai nama dan di dalamnya terdapat sesuatu. misal Film, Lagu, dan sebagainya. Misal kita mempunyai Kaset CD atau DVD dari setiapnya kita berinama yang mewakili tentang sesuatu yang berda didalamnya. Dengan kata lain CD atau DVD adalah Variable tempat untuk menyimpan sesuatu, Nama pada setiap CD / DVD menjadi nama Variable yang berguna untuk mendifinisikan tentang isi kaset tersebut dan akhirnya Film, Video, Mp3 akan menjadi isi dari Variable-Variable apa yang terdapat dalam Kaset CD / DVD.  Perhatikan secript di bawah ini :  <html>   <head>   <title>Variabel Java Script</title>   </head> <body>   <script>   NamaLengkap="Ahmad Zaky";   NamaSaya=NamaLengkap;   document.write(NamaSaya);   </script>   </body>   </html>  Penjelasan Script : Ahmad Zaky disimpan dalam Vari