09 May 2014

IT merupakan sebuah investasi

Salam Hangat Sahabat...

Sebuah investasi dalam bidang IT meliputi dari pembangunan sarana pra sarana IT, pengembangan sistem yang terkomputerisasi, keamanan IT, dan lain sebagainya. Oleh karenanya terkadang saya sering sekali bingung dalam menentukan biaya yang harus dikeluarkan oleh klien jika ingin membuat web/software. Karena memang saya tidak menjual web/software, tapi saya “menjual” waktu, tenaga, dan ilmu saya untuk mengembangkan web/software sesuai permintaan klien.

Sebagai contoh, ada permintaan pembuatan web dari seorang klien. Ingin dibuat web toko online dengan fitur-fitur yang lengkap. Berhubung klien ini mengikuti perkembangan teknologi, si klien ini tau macam-macam web CMS yang bisa di download gratis (open source), ketika saya coba memberikan penawaran, si klien ini bilang kenapa mahal banget?, kan banyak tuh web-web yang bisa di digunakan gratis. Ya memang gratis tapi bukan berarti jasa saya mulai dari waktu, tenaga, dan ilmu yang saya gunakan untuk membuatnya juga ikutan gratis dan bisa dibayar murah atau malah seikhlasnya, saya jugakan manusia butuh makan buat isi tenaga, butuh tidur, punya keluarga juga dan semuanya saya investasikan untuk membuat web si klien. Lantas si klien menjawab kembali, “ya tapikan gak harus segitu juga pak?, masa sih cuma membuat web seperti itu harus bayar segitu?, apalagi webnya sudah ada bisa didownload gratis”. Pusing dah kalau sudah seperti ini, bukannya saya tidak mau memberi biaya murah, tapi balik lagi ini bukan jual beli barang, di sini saya mencoba untuk menyisihkan waktu, tenaga, dan ilmu saya untuk membuat web yang diminta.

Oleh karenanya, IT merupakan sebuah investasi besar bagi pelaku bisnis. Di satu sisi dengan bantuan sarana IT yang bagus akan memberikan dampak positif bagi bisnis klien, di satu sisi lagi banyak yang harus dikorbankan untuk membuat sarana IT (software atau web) yang sesuai dengan keinginan, karena para pekerja IT akan menginvestasikan waktu, tenaga, dan ilmu yang dimiliki untuk mengerjakan pesanan klien. Jadi sudah sewajarnya juga jika pekerja IT selalu meminta bayaran mahal walau pun menggunakan aplikasi/software open source  yang bisa di download dan digunakan gratis serta bebas, tapi tidak untuk Waktu, Tenaga, dan Ilmu yang disumbangkan. Jika memang mau yang murah, kenapa si klien tidak membuat sendiri saja, kan sudah ada yang gratis dan bisa di download serta digunakan secara bebas.

Konsultan IT http://binhasan.co.id/

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketik kritik dan saran sahabat untuk saya di sini.