06 May 2014

Biaya jasa konsultan freelance IT

Freelance IT sebuah bidang pekerjaan yang bisa dikatakan menjanjikan dan juga memiliki fleksibilitas waktu yang cukup. Sebagai seorang praktisi freelance IT, memiliki sebuah tarif dalam setiap pekerjaan IT merupakan hal yang wajib. Dimana tarif tersebut sesuai dengan pengalaman dan tingkat keahlian kita dalam setiap pekerjaan IT. Berawal dari pengalaman saya ketika baru memulai pada bidang freelance IT, pada awal-awal memulai sering sekali saya terbentur dengan masalah perhitungan biaya jasa konsultan IT untuk sebuah proyek.
Lalu bagaimana cara menghitung biaya jasa konsultan IT?, seiring waktu berjalan dan dengan berbekal pengalaman sebelumnya yang saya dapatkan, setidaknya sekarang saya memiliki formula khusus bagi pribadi saya sendiri yang mungkin bisa dicontoh juga oleh para pembaca sekalian khususnya bagi anda yang juga menekuni bidang freelance IT.

Formula biaya Freelance IT

Ok langsung saja, sebuah proyek biasanya akan dinilai berdasarkan kompleksitas kebutuhan klien, namun pada prakteknya sering sekali tingkat kompleksitas kebutuhan ini sulit diukur. Hal ini dikarenakan tingkat keahlian IT konsultan tersebut sangat mempengaruhi tingkat kompleksitas kebutuhan, ditambah lagi makna kata “sederhana” bagi seorang praktisi IT dengan klien sangat berbeda. Bagi klien kata “sederhana” mengartikan bahwa aplikasi yang dibuat dari sisi fungsionalnya sangat memudahkan bagi pengunanya, namun bagi praktisi IT (khususnya programer yang membuat aplikasi tersebut) kata “sederhana” memiliki arti sisi teknis pemrogramannya yang sederhana bukan sisi fungsional. Jika mengikuti keinginan klien maka kata “sedernaha” merupakan “kompleks” bagi programer, semakin sederhana yang diinginkan klien, artinya semakin kompleks pula aplikasi yang dibuat dan tentunya semakin berat juga tugas bagi programer.

Menurut saya sisi kompleksitas kebutuhan klien bukanlah hal utama untuk menentukan biaya suatu proyek, bagi saya menentukan sisi kompleksitas kebutuhan klien diperlukan untuk memperhitungkan berapa lama sebuah proyek dapat dikerjakan dan butuh berapa banyak tenaga ahli yang diikut sertakan yang nantinya dari situlah kita menghitung besarnya biaya. Seperti tulisan saya sebelumnya bahwa IT merupakan sebuah investasi, maka bisa kita artikan juga klien sebagai pemilik modal yang akan berinvestasi berupa sumber daya IT dalam hal ini bisa berupa aplikasi sistem/web, dan saya sebagai “kontraktor” juga akan berinvestasi berupa waktu, tenaga dan pikiran untuk memenuhi kebutuhan bersama (klien dan saya) yaitu dengan membangun sebuah aplikasi sistem/web, jadi bukan sebuah transaksi jual beli karena pada dasarnya freelance IT tidak memiliki produk khusus, saya hanya menyediakan waktu, tenaga dan pikiran untuk memenuhi kebutuhan klien.

Dan untuk para sahabat pengunjung blog berbagi informasi jika sedang mencari jasa konsultan di bidang IT anda dapat mengunjungi website www.binhasan.co.id.

Semoga bermanfaat...

Sponsor:

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketik kritik dan saran sahabat untuk saya di sini.