01 June 2014

Catat! Tips Agar Tak Tertipu Scam Piala Dunia

Penipuan di piala Dunia
Jakarta - Para penipu online tengah mempersiapkan situs-situs yang menyerupai domain-domain resmi Piala Dunia. Mereka melakukan ini demi mengecoh pengguna agar memberikan data pribadi mereka seperti username, password, dan nomor kartu kredit.

Berikut beberapa tips dari Kaspersky Lab agar terhindar dari phishing dan malware yang memanfatkan Piala Dunia:

1. Selalu periksa dan pastikan dua kali keaslian sebuah situs sebelum Anda memberikan kredensial atau informasi rahasia apapun. Situs phishing sengaja didesain agar mirip dengan situs aslinya.

2. Meskipun situs dengan awalan 'https' lebih aman dibanding situs dengan awalan 'http', hal ini tidak berarti bahwa situs tersebut benar-benar aman karena para penjahat cyber telah berhasil mendapatkan sertifikat SSL asli.

3. Secara umum, hati-hati dengan pesan yang Anda terima dari pengirim yang tidak dikenal. Terlebih lagi, jangan mengklik tautan yang ada di email dari sumber yang Anda tidak yakini asalnya, dan jangan mengunduh atau membuka lampiran yang diterima dari sumber yang tidak jelas.

4. Pastikan Anda memiliki perlindungan anti-malware terbaru yang memblokir situs-situs phishing.

"Di Brazil sendiri, kami mendeteksi 50-60 domain phishing baru setiap hari dan domain ini biasanya cukup canggih dan didesain dengan sangat ahli. Bahkan, pengguna biasa tidak akan mudah membedakan domain palsu dengan domain aslinya," pungkas Fabio Assolini, Senior Security Researcher, Global Research and Analysis Team, Kaspersky Lab.

Sumber:http://inet.detik.com/read/2014/06/01/094127/2596352/323/catat-tips-agar-tak-tertipu-scam-piala-dunia?i992202105

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketik kritik dan saran sahabat untuk saya di sini.