Skip to main content

Install Codeigniter

Assalaamu'alaikum...
Bismillahirrohmanirrohiim...

Masih dalam pembahasan Framework PHP, sebelum kita memulai berkreasi dalam membangun website / blog dengan menggunakan Framework Codeigniter. kita diharuskan untuk menginstall local server karena, script php hanya dapat berjalan di server. Tetapi jika kita membuatnya langsung di server atau tempat hosting kita tidak perlu menginstall local server. Sangat dianjurkan untuk membangun sebuah website kita harus mengemplemetasikan website tersebut di local server terlebih dahulu, agar terlihat apa masih ada kesalahan dalam penulisan script php. Untuk software local server kita bisa menggunakan xampp atau php thriad anda dapat mendownloadnya dengan  gratis di websitenya.


Penting untuk diperhatikan dalam penginstallan Codeigniter adalah tiga buah folder yaitu 1. /system/application/model, 2. /system/application/controller, 3. /system/application/view. semua file yang terkait dengan website atau aplikasi Anda, masing-masing harus di taruh di ketiga folder sesuai dengan fungsinya masing-masing. Lalu atur setting konfigurasinyayang berada difolder /system/application/config. Ada beberapa file yang perlu kita ubah agar Codeigniter berjalan dengan baik.

config.php
Ganti alamat yang terdapat dalam text "http://localhost/codeigneter" menjadi dengan nama file codeigniter misal folder Codeigniter  kita myblog maka menjadi "http://localhost/myblog". Dan apabila kita langsung mempraktikannya di tempat hosting maka kita ganti dengan domain kita contoh "http://www.domainanda.com".

databese.php
Isi hostname, username, password dan nama database yang digunakan dengan nama yang sudah anda set misal:
$db['default'] ['hostname'] = "localhost";
$db['default'] ['username'] = "root";
$db['default'] ['password'] = "12345";
$db['default'] ['database'] = "myblog";
$db['default'] ['dbdriver'] = "mysql";
 tentunya nama-nama tersebut tergantung setting awal dari server dan username. Tapi, jika website kita tidak menggunakan database di kosongkan saja.


autoload.php
File ini berfungsi untuk memanggil secara otomatis fungsi-fungsi yang sudah disediakan Codigniter atau yang kita buat tanpa harus memanggilnya dalam aplikasi kita. Untuk memanggil fungsi database kita hanya cukup menggunakan perintah "$this->db". kira-kira seperti ini isinya:
$autoload['libraries'] = array('database');
$autoload['helper'] = array('url','form');

routes.php
Variabel ini digunakan untuk menentukan nama file utama yang digunakan sebagai eksekutor utama website atau applikasi. Contoh secara defaultnya adalah welcome.
$route['default_controller'] = "welcome";
Silahkan buka folder /system/application/controller pasti disana kita akan menemukan file welcome.php. file ini yang disebut dengan file eksekutor utama dari proses secara keseluruhan. bisa dibilang file tersebut sebagai index nya.

Nah... demikian tutorial Install Codeigniter kali ini mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua.... oiya hampir lupa mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BAGI ANDA YANG MENJALANKANNYA. Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa kritik dan sarannya ya di kotak komentar untuk kemajuan kita bersama.

Comments

  1. Efficient job. Worthy of applause. Thanks.

    ReplyDelete
  2. Worthy of applause. Looking for the next.

    ReplyDelete
  3. Commendable work. Looking for updates.

    ReplyDelete
  4. Admirable post. Wants more. Thanks.

    ReplyDelete
  5. Good job. Everybody make post related comments. Thanks.

    ReplyDelete
  6. Nice work. I appreciate it. Looking for such useful future works. Thanks.

    ReplyDelete
  7. Good post. Keep going and be useful for others. Thanks.

    ReplyDelete
  8. makasih gan infonya membantu saya dalam proses pengerjaan

    ReplyDelete
  9. Sama2... Terimakasih atas kunjungannya... untuk tutorial CI selengkapnya silahkan ke http://tutorial-web-id.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan ketik kritik dan saran sahabat untuk saya di sini.

Popular posts from this blog

Kumpulan Cartoon Anak Muslim cdr

Salam Kopi Sahabat... Dalam beberapa bulan ini saya di sibukkan dengan pekerjan mendesain mulai dari cober tabloid, kalender 2015 dan yang terahir adalah desain spanduk untuk RA/TK. Kalo untuk desain cover tabloid ga masalah karena banyak rujukan untuk inspirasi saya mendesain. Tetapi, untuk desain spanduk dan baliho RA/TK ini yang sulit. Karena, yang minta ingin ada gambar cartoonnya :).

Form Pendaftaran Online

Assalamu'alaikum, Wr. Wb Bismillahirrohmanirrohim. Apa kabar semua...? mudah-mudahan kita menjadi orang yang semakin kratif. Karena, kemarin saat berbincang-bincang ringan dengan teman membicarakan masalah harta. Yang lebih banyak dan mudah mendapatkan harta atau kekayaan adalah orang-orang yang penuh inspiratif dan kreatif. Tentunya, kita mendapatkan kreatif itu dengan ilmu. Jadi, jangan pernah bosan untuk belajar dan menggali sesuatu yang baru kita pahami sedikit. Sebagai mana Rasul (Nabi Muhammad SAW) bersabda : "Belajarlah dari tiang ayunan sampai ke liang lahat". Wah jadi banyak ceramahnya. Maaf ya bukan maksud untuk menggurui. Ok, langsung saya jabarkan tentang apa yang akan kita pelajari bersama pada kesempatan kali ini. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat form pendaftaran member atau anggota seperti website-website interaktif yang banyak kita kenal. Untuk membuat form pendaftaran ini kita membuat table databasenya terlebih dahulu silahkan lih

Variable dalam Java Script

Assalaamua'laikum, Wr, Wb Bismillahirrohmaanirrohiim... Kita bisa menganalogikan Variable dengan sebuah kaset CD atau DVD  yang mempunyai nama dan di dalamnya terdapat sesuatu. misal Film, Lagu, dan sebagainya. Misal kita mempunyai Kaset CD atau DVD dari setiapnya kita berinama yang mewakili tentang sesuatu yang berda didalamnya. Dengan kata lain CD atau DVD adalah Variable tempat untuk menyimpan sesuatu, Nama pada setiap CD / DVD menjadi nama Variable yang berguna untuk mendifinisikan tentang isi kaset tersebut dan akhirnya Film, Video, Mp3 akan menjadi isi dari Variable-Variable apa yang terdapat dalam Kaset CD / DVD.  Perhatikan secript di bawah ini :  <html>   <head>   <title>Variabel Java Script</title>   </head> <body>   <script>   NamaLengkap="Ahmad Zaky";   NamaSaya=NamaLengkap;   document.write(NamaSaya);   </script>   </body>   </html>  Penjelasan Script : Ahmad Zaky disimpan dalam Vari