01 September 2010

Mengembalikan File yang Hilang

Assalaamu'alaikum, Wr. Wb
Bismillaahirrohmaanirrohiim
Pernahkah file penting kita hilang karena VIRUS...? kalau pernah, sama saya pun pernah merasakannya. Pada saat seperti itu mungkin bukan mungkin tapi pasti kita akan kesal dengan virus tersebut. Tenang mulai saat ini setelah kita mempelajari trik yang berikut ini. Kita akan dapat melawan virus-virus yang menyembunyikan file kita.
Pada dasarnya kebanyak virus hanya menghide atau menyembunyikan file yang berada di hardisk atau flashdisk. Jadi, file tersebut bisa kita kembalikan ke tempat asalnya seperti semula. Mungkin kita pernah mengalami pada saat komputer kita terserang virus dengan amat sangat cepat kita akan langsung menyecan komputer agar virus tersebut hilang. Alih-alih P3K malah file penting ko pada hilang...? nah itu file virus yang dihapus oleh anti virus. hehehe tapi terkadang ada anti virus yang parno, tidak boleh melihat file yang mencurigakan, langsung main hapus saja.
Lalu bagaimana caranya untuk merestore atau mengembalikan file tersebut...? Untuk trik ini, kita menggunakan jasa dari comand promt yang sudah tersedia di setiap windows. langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. klik start lalu all programs
  2. pilih accsessories
  3. di dalam acsessories ada command promptdan click
  4. lalu akan muncul jendala prompt dengan background hitam
  5. di dalam jendala tersebut kita ketik drive temapat menyimpan folder dengan format C:\ enter
  6. setelah masuk ke drive yang kita tuju ketikan perintah -s -r -h /s /d dan enter
  7. dengan seketika foleder-folder dan file-file yang di sembunyikan oleh virus akan akan kembali ke tempatnya semula.
Lho kalau cara tersebut hanya untuk mengembalikan file atau folder  yang ter hiden kan di windows explorer sudah menyediakan menu tersebut di jendelanya.... ya betul memang di windows explorer ada menu tersebut. Tapi, biasanya fasilitas tersebut di blok oleh virus. Jadi, fasilitas tersebut tidak bisa digunakan untuk merstore file atau folder yang diserang oleh virus.
Demikian trik kali ini mudah-mudahan bermanfa'at. Jika teman-teman punya trik lain dalam kasus ini tolong di share ya.... terimakasih
Wassalaamu'alaikum

2 comments:

  1. berguna s'kali triksny pa haji...

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah kalo memang bermanfa'at... terimakasih buat doa nya mudah2an di kasih rezeki untuk pergi haji Amiin.

    ReplyDelete

Silahkan ketik kritik dan saran sahabat untuk saya di sini.