Skip to main content

Prestashop

Assalaamu'alaikum, Wr. Wb
Bismillaahirrohmaanirrohiim...
Ada yang sudah tahu belom tentang prestashop...? Prestashop adalah sebuah CMS yang khusus menangani masalah E Commerce atau perdagangan Online. Sebenarnya ada beberapa CMS seperti Drupal, Joomla. Dll. Sedangkan Prestashop ini memenag sangat Khusus fungsinya kalau yang lain masih fleksibel tergantung dari keinginan si empunya.
Sebelum kita mengenal jauh tentang prestashop ada baiknya kita tahu dulu tentang definisi atau pengertian dari CMS. Menurut Informasi yang saya dapat dari hasil googleing, CMS singkatan Content Managemen System merupakan bentuk teknologi web yang berbasis konten. Semua konten dimanajemen dengan sistematis melalui panel yang mudah dilakukan. Administrator web tidak perlu mengatur konten secara offline kemudian mengupload kembali ke server, akan tetapi hal tersebut dapat dilakukan secara online. Hal ini dapat dilakukan karena semua konten tersimpan dalam database. Biasanya CMS merupakan aplikasi yang terbuka untuk user, artinya bahwa user dapat memiliki andil untuk menambah konten yang tentu saja hal ini juga dalam pengawasan administrator web. ( Penjelasan ini saya dapat dari http://rosihanari.net ).
Persyratan Menginstall Prestashop
  • Untuk langkah awal kita harus menginstall program localhost atau serever local di komputer yang kita pakai ( untuk tatacaranya mungkin bisa menyusul atau silhkan googleing ). untuk syarat yang pertama ini saya anggap server local sudah terinstall semua di komputer para pengunjung.
  • Mendownload Program Prestashop di www.prestashop.com 
  • Karena file downloadnya berformat zip silahkan di extrak ke C:/appache/htdocs ( extrak di dalam folder htdocs). kalau menggunakan xampp C:/xampp/appache/htdocs ( extrak di dalam folder htdocs).
Instalasi Prestashop
  • Buka Browser yang sering anda gunakan dengan url ; Http://localhost/prestashop/install/index.php lalu load atau tekan enter. selanjutnya akan muncul halaman instalasi lalu tekan next sampai selesai.
  • Setelah proses installasi selesai folder isntallasi tersebut kita hapus.
  • folder install sudah di hapus...? jangan lupa untuk merename atau ubah nama folder admin dengan sesuka anda...! kenapa hal tersebut harus dilakukan...? karena untuk kemanan.
Menjalankan Prestashop
  • Untuk Admin silahkan arakan url anda ke folder admin yang tadi telah di rubah misal kita rubah menjadi user_admin maka urlnya menjadi http://localhost/prestashop/user_admin/index.php. Maka, akan muncul halan panel untuk merubah dan mengupload semua isi data.
  • Untuk pengujug atau member silahkan masukkan url http://localhost/prestashop/index.php
Nah mudahkan selamat mencoba mudah-mudahan sukses dengan toko online yang kita bangun. Tutorial ini saya tulis untuk di server local jika di hosting yang berbayar atau gratis alamat url tinggal di ganti dengan alamat domain yang anda miliki dan untuk adminnya dengan alamat yang di berikan leh penyedia Hosting.
Mudah-mudahan apa yang saya suguhkan di blog ini dapat bermanfaat bagi para pengunjung terlebih khususnya saya pribadi. Jangan pernah takut untuk untuk coba-coba. "KEGAGALAN ADALAH ANUGRAH YANG TERDAPAT HIKMAH DI DALAMNYA".
Wassalaamu'alaikum....


Comments

  1. Terimakasih atas toturiallnya.

    Punya tinjauan untuk www.shop737.com ?

    ReplyDelete
  2. terimakasih untuk perhatian dan kunjungannya kawan....!!! semoga sukses...

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan ketik kritik dan saran sahabat untuk saya di sini.

Popular posts from this blog

Kumpulan Cartoon Anak Muslim cdr

Salam Kopi Sahabat... Dalam beberapa bulan ini saya di sibukkan dengan pekerjan mendesain mulai dari cober tabloid, kalender 2015 dan yang terahir adalah desain spanduk untuk RA/TK. Kalo untuk desain cover tabloid ga masalah karena banyak rujukan untuk inspirasi saya mendesain. Tetapi, untuk desain spanduk dan baliho RA/TK ini yang sulit. Karena, yang minta ingin ada gambar cartoonnya :).

Form Pendaftaran Online

Assalamu'alaikum, Wr. Wb Bismillahirrohmanirrohim. Apa kabar semua...? mudah-mudahan kita menjadi orang yang semakin kratif. Karena, kemarin saat berbincang-bincang ringan dengan teman membicarakan masalah harta. Yang lebih banyak dan mudah mendapatkan harta atau kekayaan adalah orang-orang yang penuh inspiratif dan kreatif. Tentunya, kita mendapatkan kreatif itu dengan ilmu. Jadi, jangan pernah bosan untuk belajar dan menggali sesuatu yang baru kita pahami sedikit. Sebagai mana Rasul (Nabi Muhammad SAW) bersabda : "Belajarlah dari tiang ayunan sampai ke liang lahat". Wah jadi banyak ceramahnya. Maaf ya bukan maksud untuk menggurui. Ok, langsung saya jabarkan tentang apa yang akan kita pelajari bersama pada kesempatan kali ini. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat form pendaftaran member atau anggota seperti website-website interaktif yang banyak kita kenal. Untuk membuat form pendaftaran ini kita membuat table databasenya terlebih dahulu silahkan lih

Variable dalam Java Script

Assalaamua'laikum, Wr, Wb Bismillahirrohmaanirrohiim... Kita bisa menganalogikan Variable dengan sebuah kaset CD atau DVD  yang mempunyai nama dan di dalamnya terdapat sesuatu. misal Film, Lagu, dan sebagainya. Misal kita mempunyai Kaset CD atau DVD dari setiapnya kita berinama yang mewakili tentang sesuatu yang berda didalamnya. Dengan kata lain CD atau DVD adalah Variable tempat untuk menyimpan sesuatu, Nama pada setiap CD / DVD menjadi nama Variable yang berguna untuk mendifinisikan tentang isi kaset tersebut dan akhirnya Film, Video, Mp3 akan menjadi isi dari Variable-Variable apa yang terdapat dalam Kaset CD / DVD.  Perhatikan secript di bawah ini :  <html>   <head>   <title>Variabel Java Script</title>   </head> <body>   <script>   NamaLengkap="Ahmad Zaky";   NamaSaya=NamaLengkap;   document.write(NamaSaya);   </script>   </body>   </html>  Penjelasan Script : Ahmad Zaky disimpan dalam Vari