03 August 2011

Memulai Codeigniter

Assalaamu'alaikum Wr, Wb
Bismillahirrohmanirrohiim

Selamat datang semua para pengunjung setia tutorial web id, gimana hari pertama puasanya...? mudah-mudahan diberi kekuatan dan kemudahan dalam menjalankanya Amiin. tutiral kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat halaman index atau beranda dengan menggunakan codeigniter.

Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelunya. Di mana controllers, models dan views mempunyai peranan masing-masing dalam membangun website atau applikasi berbasic web. dengan kemampuan saya yang terbatas saya akan mencoba mengulas bagaimana caranya...?


Langkah pertama adalah membuat sebuah file controller atau class baru dengan mengetikkan baris script di bawah ini :


class myweb extends Cotroller 
{
   function myweb ( )
   {
     parent : :controller ( );
   }
    function index ( )
    echo ' Belajar Membangun Website dengan menggunakan framework php Codeigniter' ;
  }
}
php?>


Lalu kita simpan dengan nama myweb.php di dalam folder /system/application/controller. yang harus diperhatikan adalah penulisan nama class atau file harus sama dengan script yang kita tulis pada file myweb.php.

Untuk memanggil file tersebut yaitu dengan cara menggunakan browser lalu ketikan url: http://localhost/myweb, maka yang muncul di halaman browser adalah " Belajar Membangun Website dengan menggunakan framework php Codeigniter "

Selesailah  tutorial kita tentang cara bagaimana memulai codeigniter. Shubuh telah tiba saatnya saya untuk sholat subuh dulu. terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketik kritik dan saran sahabat untuk saya di sini.