04 Oktober 2009

Jenis - Jenis Hardisk

Hardisk bisa disebut juga hard drive, fixed disk, HDD, atau cukup hardisk saja, adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data dalam komputer. Hardisk terdiri atas tiga bagian utama, yaitu piringan magnetik, bagian mekanis, serta head untuk membaca data. piringan tersebut digunakan untuk menyimpan data, sedangkan bagian makanis bertugas untuk piringan tersebut.
Jenis Hardisk bermacam-macam, tergantung pada kategori yang digunakan. misalnya berdasarkan jenis interfacenya, tingkat kecepatan transfer data, serta kapasitas penyimpanan data.
Jenis interface yang terdapat dalam hardisk bermacam-macam, yaitu ATA (IDE, EIDE), Serial ATA (SATA), SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan fiber channel. Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data. Misalnya Hardisk SCSI memiliki kecepatan transfer lebih kurang 5 MHz, artinya mampu mentransfer data hingga 5Mb per detik.
di antara sekian banyak jenis interface, hanya 3 jenis hardisk yang sering digunakan, yaitu IDE, SATA dan SCSI. Hardisk SCSI biasanya banyak digunakan pada server, workstation, dan komputer apple macintosh mulai pertengahan tahun 1990-an hingga sekarang. Sedangkan hardisk yang banyak digunakan pada komputer personal (PC) adalah jenis sata.

4 komentar:

  1. ass mas...klw ada minta tutorial tentang merakit komputer donk mas?

    BalasHapus
  2. Ok nanti akan sy postingkan tentang tutorial merakit komputer. trimakasih atas masukkannya..

    BalasHapus

Silahkan ketik kritik dan saran sahabat untuk saya di sini.